Blog ini membahas beberapa materi pembelajran dari beberapa mata pelajaran tingkat SMP, yaitu: TIK, Bahasa Jawa, PKN dan Seni Budaya. hal ini dikarenakan penulis mengajar tiga mata pelajaran tersebut. Semoga materi yang sudah dibagikan melalui blog ini bermanfaat bagi para Guru.

Business

Header Ads

Kamis, 18 Oktober 2018

Komik TIK (Pengaruh Smartphone/Ponsel)

6 comments

Kompetensi: Mengapresiasi  teks fiksi cerita komik sesuai konteks secara lisan dan tulisan.

Indikator:
1. Siswa mampu memahami dampak dari penggunaan smartphone
2. Siswa mampu menyebutkan macam-macam kebiasaan buruk dari penggunaan smartphone.

KI2 (sikap): 
1. Siswa dapat bertanggung jawab terhadap lingkungan sekitarnya
2. Siswa mampu bekerja sama dengan sesama rekannya.


Bacalah Artikel dan Komik di bawah ini!

Efek Negatif Main HP Terlalu Lama
Saat ini hampir semua orang tidak bisa lepas dari perangkat ponsel dalam aktifitas kesehariannya, baik itu untuk bermain game, membuka sosial media, atau sekedar untuk berselancar di dunia maya. Banyak orang tidak menyadari akan adanya, dampak buruk dari terlalu lama  dan sering bermain smartphone. Untuk pencerahan kali ini TeknoBos akan memberitahukan dampak buruk dari bermain ponsel terlalu lama

1. Membuat kita jadi anti sosial

Terlalu lama bermain hp dapat membuat kita jadi anti sosial. Hal ini terbukti ketika kita sedang asik dengan smartphone milik kita, membuat kita jadi tidak memperdulikan orang lain disekitar kita. Namun sayangnya hampir semua pengguna ponsel, melakukan hal yang sama saat sedang asik menggunakan hp mereka. Tentu saja hal ini dapat membuat hilangnya rasa sosial kita di dunia nyata, dan lebih perduli dengan dunia maya yang ada di dalam smartphone kita.

2. Lupa waktu

Bila sudah asik main smartphone pastinya kita jadi lupa waktu, terutama ketika kita sedang bermain game online. Karena biasanya game online dimainkan bersamaan dengan pengguna lain di internet, sehingga tidak mungkin untuk meniggalkan permainannya secara tiba-tiba. Hal ini tentu saja menjadi dampak buruk bagi kita sebagai pengguna ponsel, karena bisa saja pekerjaan kita jadi terbengkalai karena asik main game online pada smartphone.

3. Kesehatan mata menurun

Terlalu banyak dan lama saat bermain hp, juga dapat memberikan dampak negatif terhadap mata kita. Karena radiasi yang dihasilkan layar ponsel, bisa menyebabkan kesehatan mata kita menurun. Terlebih lagi bila kita memainkan smartphone dalam posisi berbaring, secara perlahan dapat menyebabkan penurunan fungsi mata. Jadi untuk menjaga kesehatan mata, lebih baik kita membatasi penggunaan smartphone.

4. Perubahan bentuk tulang jadi tidak normal

Saat sedang seru bermain ponsel biasanya kita tidak menyadari posisi duduk kita, bisa jadi lebih membungkuk atau kepala terlalu menunduk. Kebiasan seperti itu bisa menyebabkan perubahan bentuk tulang belakang ataupun tulang leher kita. Tentu saja hal ini dapat memberikan efek negati terhadap postur tulang kita, untuk menghindari hal tersebut usahakan duduk dengan posisi yang benar saat main hp, dan jangan terlalu lama memainkannya.

5. Mengganggu syaraf otak

Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa radiasi ponsel cukup berbahaya bagi tubuh manusia. Karena gelombang elektromagnetik yang dihasilkannya, dapat memicu terjadinya kerusakan pada syaraf otak manusia. Radiasi yang lebih kuat akan dihasilkan hp, saat kita menggunakannya untuk menelpon. Untuk menjaga kesehatan syaraf kita, ada baiknnya tidak terlalu lama menggunakan hp, terutama untuk menelpon.
(sumber: https://teknobos.com/efek-negatif-main-hp-terlalu-lama/)



KEBIASAAN BURUK MENGGUNAKAN PONSEL
Oleh: Desi Novitasari, S.Kom






sumber: https://Pixton.com/ic:i70byvsb

Jawablah pertanyaan dibawah ini!
1. Sebutkan dampak negatif yang diakibatkan oleh kecanduan menggunakan ponsel!
2. Sebagai pelajar bagaimana sikapmu dalam menggunakan ponsel dengan cara bijak?
3. Berdasarkan cerita komik diatas, apa solusinya untuk menghindari hal-hal negatif yang diakibatkan kecanduan ponsel?

Catatan bagi Guru:
Soal-soal diatas dapat dikembangkan oleh para Guru-guru sesuai dengan kebutuhan penilaian.

6 komentar:

  1. mantap...pakar komik..tapi usul ada laman yg tidak perlu sebaiknya dihapus aja (recent post)...videonya dimana ya saya blum ketemu
    colek juga aku mrmelayu63.blogspot.com

    BalasHapus
  2. videonya ada di mapel TIK materi jaringan komputer dan mapel bhs jawa materi sopan santun. trmksh untuk sarannya pak. pasti sy colek blognya nanti...

    BalasHapus
  3. Supaya efeknya tidak selalu negatif, bisakah smartphone dimanfaatkan dalam pembelajaran??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa. Contohnya dalam PAS. Di sekul sy anak2 pakai smartphone

      Hapus
  4. Apakah tidak sebaiknya soalbya dinasukkan ke google form Buntik? Menurut saya utk mengatasi dampak negatif dari main hp ya anak tdk usah dibelikan hp yg bgs2 Bun, klu memang sekedar utk komunikasi, belikan hp yg tdk ada fitur2 mewahnya. Nanti jika mereka dah cukup umur, baru lah mereka beli sendiri hp yg bgs dg uang mereka sendiri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bun. Rencana awal bgitu. Tp klo di blog lgsg anak2 yg gk punya smartphone bisa lgsg ke soal2 tnp perlu ribet. Jawaban cukup di tulis di buku tulis. Krn murid2 d tmpt sy byk yg menenga ke bawah. Utk PAS mrk pakai smartphone tp kebanyakan milik orang tuanya. Dan sebagian mrk pakai komputer di lab

      Hapus